contoh resensi

Kehancuran Hati
            Judul Buku           : MELISA (Hati Yang Luka)
Pengarang              : S. Mara Gd.
Penerbit                  : PT Gramedia, Jl. Palmerah     Selatan    22, Jakarta 10270
Tahun terbit           : 1989
Jumlah halaman    : 120 hal
ISBN                      : 979-403-757-5
                  

          Novel Hati yang luka merupakan seri ke dua dari novel MELISA karangan S. Mara Gd dari seri novel MELISA sebelumnya yaitu Cinta Pertama. Dan masih ada 16 seri lainnya. Buku-buku karangan S. Mara Gd ini mudah dipahami. Berawal dari menerjemahkan novel-novel Agatha Christie, S.MAra Gd mulai menulis novel pertamanya, Misteri Dian yang Padam. Pada tahun 1984 (diterbitkan tahun 1985). Tokoh yang diciptakannya adalah seorang kapten polisi bernama Kosasih dan sahabatnya yang punya latar belakang hitam, Gozali. Sejak itu novel-novel tentang petualangan dua serangkai, Kosasih dan Gozali, dalam melacak para kriminal mengalir terus. S. Mara Gd memadukan logika dan humor dalam bahasa sehari-hari yang menarik, di sana-sini diwarnai oleh dialog Suroboyo-an. Lokasi ceritanya umumnya mengambil tempat di Surabaya dan sekitarnya.
          Buku ini merupakan buku fiksi.
.         Melisa adalah gadis cantik dan periang  yang sedang mengalami masa peralihan dari remaja menuju dewasa. Dia kembali menemukan cintanya setelah sempat berpisah. “Iwan” pria tampan berusia 28 tahun ini yang telah memikat hatinya itu,membuat hidupnya lebih indah dan berwarna,dan membuatnya lebih indah menatap dunia.
          Melisa mempunyai kakak bernama Tomy,dan teman dekat kakaknya bernama Hermawan yang ternyata Hermawan adalah kakak seayahnya.
          Kehidupan melisa begitu menyenangkan,dikelilingi orang yang menyayanginya. Tetapi rasa bahagianya itu berubah ketika Iwan, orang yang dicintainya dan dikasihinya selama ini ternyata lebih memilih gadis pilihan ibunya di Desa untuk menjadi pasangan hidupnya,yaitu Sumiarsih. Ibu Iwan telah berjanji kepada Pak Haji untuk menjadikan cucu Pak Haji ini sebagai istri Iwan. Ini dilakukan karena keluarga Iwan banyak berhutang budi dengan Pak Haji.Perjodohan ini  tanpa sepengetahuan Iwan, karena Iwan tidak pernah bercerita kalau dia sudah memunyai pacar. Tapi Iwan tidak bisa menolak lagi keiginan ibunya,walaupun segala cara telah dilakukan Iwan dan Melisa.
          Akhirnya Iwan berusaha menjelaskan keadaan ini kepada Melisa,dan Iwan menikah dengan Sumiarsih. Walaupun awalnya Melisa sangat tidak bisa menerima keadaan ini. Melisa merasa marah dan sangat kecewa serta hatinya hacur karena Iwan tdak bisa mempertahankan cintanya dengan Melisa. Tpi lama kelamaan Keluarga Melisa, Hernawan dan semuanya menasihati Melisa untuk bisa menerima keadaan. Dan akhirnya Melisa berusaha untuk bangkit dari keterpurukannya. Dan belajar dewasa untuk menerima bahwa Iwan bukanlah jodohnya. Dari bangkitnya semangat melisa untuk menatap masa depan,6 bulan kemudian melisa berhasil menyelesaikan kuliahnya dan di wisuda. Dia dan keluarganya pun sangat bahagia.
Novel ini dapat membuat pembaca terhanyut dalam suasana di dalam novel. Membuat pembaca selalu ingin membaca halaman berikutnya. Banyak terdapat kata-kata mutiara yang membangun seperti pada halaman 98 “Manusia tidak akan mendapatkan segalanya tanpa suatu perjuangan”
Pada halaman 115 Dan,hidup ini harus terus berlangsung dengan atau tanpa Cinta”
“...orang tidak perlu berhenti hidup karena kehilangan cinta” dan masih banyak lagi membuat pembaca terkesan.
          Kekurangan dari buku ini, cerita berakhir dengan Melisa memutuskan untuk tidak mau lagi mengenal cinta dan tidak mau lagi jatuh cinta lagi. Padahal seharusnya lebih baik Melisa kembali bangkit untuk membuka hati dan membuka lembaran baru.
          Kesimpulannya, buku ini sangat layak untuk dibaca karena ceritanya yang sangat bagus dan banyak terjadi di kehidupan nyata. Buku ini memiliki lebih banyak kelebihan daripada kekuarangannya. Jangan sampai mlewatkan buku ini. Selamat membaca.



RESENSI NOVEL
MELISA “HATI YANG LUKA”


Disusun oleh :
Nama        : Ika Noor Aini
Kelas         : XII IPA 1
No             : 17
 


SMA 1 BAE KUDUS
Tahun ajaran 2013/2014



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN Penentuan Air Kristal Dalam Senyawa Hidrat

DAFTAR ASAM BASA

LAPORAN MENGUJI DAYA HANTAR LISTRIK BERBAGAI LARUTAN DALAM AIR